Token listrik merupakan bentuk pembayaran prabayar untuk penggunaan listrik yang diterapkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) di Indonesia. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk membeli sejumlah kWh (kilowatt-hour) terlebih dahulu, lalu memasukkan kode token ke dalam meteran listrik prabayar.
Namun, saat mengisi token listrik terkadang muncul tanda periksa atau gagal. Kamu jangan khawatir dan tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya tanda periksa atau gagal di meteran atau token listrik Anda.
Berikut beberapa penyebab token listrik muncul tanda periksa atau gagal serta cara mengatasinya dikutip dari berbagai sumber.
Penyebab token listrik gagal
1. Server PLN error
Jika server PLN error, pengisian token tidak akan bisa dilakukan. Solusinya, tunggu sampai server PLN kembali normal, baru mengisi atau memasukkan token listrik.
2. Salah memasukkan kode token
Patikan kode token yang dimasukkan sudah benar, karena kesalahan memasukkan kode token sebanyak tiga kali akan memblokir meteran. Segera hubungi PLN terdekat atau Call Center PLN di 123 untuk mengatasinya.
3. Meteran bermasalah
Jika layar meteran menunjukkan tulisan “Blocked”, “Periksa”, “Cancel”, atau gambar telapak tangan, meteran kemungkinan bermasalah. Hubungi PLN 123 untuk meminta bantuan.
4. Instalasi listrik buruk
Instalasi listrik yang buruk dapat menyebabkan korsleting yang bisa berujung kebakaran dan gagal mengisi token. Segera hubungi teknisi listrik terpercaya atau petugas PLN terdekat untuk membenahinya.
5. kWh over limit
PLN membatasi jumlah kWh yang bisa dibeli dalam satu bulan. Jika melebihi batas, token tidak bisa diinput atau gagal. Cek batas maksimal kWh Anda di website PLN.
6. Tombol temper terbuka
Meteran memiliki tombol temper untuk keamanan. Jika penutup meteran terbuka tombol temper akan menyala, meteran akan terkunci dan muncul tanda periksa. Tutup kembali penutup atau cover meteran untuk menyelesaikan masalah ini.
7. Kebocoran listrik
Kebocoran listrik dapat menyebabkan meteran error. Periksa kabel dan peralatan elektronik di rumah untuk memastikan tidak ada kebocoran, karena kabel yang sudah tidak bagus bisa menimbulkan percikan yang bisa berujung kebakaran.
8. Grounding salah
Grounding atau jalur kabel yang dipasang pada instalasi listrik dengan kurang tepat dapat menyebabkan meteran error atau muncul tulisan ‘periksa’. Segera hubungi petugas PLN untuk membenahinya.
Cara atasi token listrik gagal
Untuk mengatasi token listrik yang gagal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Di bawah ini langkah yang perlu dilakukan.
- Matikan semua peralatan elektronik terlebih dahulu.
- Reset meteran dengan menekan tombol 00 + Enter untuk mengantisipasi adanya ksalahan dalam input sebelumnya dan tunggu sebentar sampai proses reset selesai.
- Masukkan kembali kode token.
- Jika masih gagal, hubungi petugas PLN terdekat atau Call Center PLN di 123.